Tuesday, December 9, 2008

PELAJARAN PERTAMA

dESEMBER 200


Anak-anakku, hari ini matahari bersinar dengan lembut, sehingga hangat menerpa wajah kita yang mungkin tidak begitu bersih. Bunda katakan demikian karena mungkin saja kita lupa berdoa dan berterima kasih kepada sang pencipta yang telah memberi kita sinar matahariNya dan hamparan bumiNya dengan segala fasilitas yang ada.


Memang jalan di depan rumah kita tidak begitu rata dan bagus. Bunda antar kalian pergi sekolah. Pada hari ini kalian akan memeproleh ilmu dari Nya yang dititipkan kepada guru-guru kalian. Ucapkan syukur sekali lagi karena kalian masih sempat memeroleh karuniaNya. Ingat ankku setiap hari sebenarnya kalian diberi ilmu olehNya melalui orang-orang pintar, orang-orang yang tulus, orang-orang yang menjadi wakil Allah dibumi yakni gurumu.


Sayangi dan hormati mereka, berikan senyuman yang paling indah kepada mereka pagi ini, karena dengan senyum kalian telah bersedekah tanpa biaya. Itulah amal saleh kalian yang pertama di sekolah. Apapun yang disampaikan oleh gurumu tentang ilmu pengetahuan sebenarnya itu adalah ilmu dari Nya. walaupun sulit bagimu. Itu akan menjadikan kalian sadar bahwa ilmu kalian sangat terbatas, sedangkan yang tidak terbatas itu adalah Dia. Jangan kalian putus asa terhadap pertolonganNya untuk membuka pikiran dan hati kalian untuk semua ilmu yang kalian pelajari. bermohonlah kepadaNya Yang maha Pembuka hati Insyaallah kalian akan bisa mencari jalan keluar dari masalah yang kalian temui. Dia telah meminjamkanmu sebuah otak yang beratnya tidak sampai 1 kilogram, tapi kemampuannya mencakup alam semesta, demikian yang bunda baca dari buku Neuroscience dan Al Quran. Otak itu seperti raksasa tidur, maka kalian bangunkanlah raksasa itu dengan ilmu pengetahuan.


Ada satu hal yang perlu bunda ingatkan sebelum bunda bercerita lebih jauh, bunda tidak ingin kalian terjebak terhadap paradigma yang salah tentang ilmu pengetahuan, karena bunda sangat menyayangkan pendapat orang tentang ilmu. Mereka berpendapat bahwa ilmu agama adalah yang hanya menyangkut pahala dan dosa, sorga dan neraka, membaca Al Quran, shalat, sedekah, puasa, zakat, haju dan ibadah lainnya yang lebih ditekankan kepada ritual dan tidak membumi.


Tidak hanya itu anakku, bunda ingatkan sekali lagi karena ini amat penting bagimu. Apapun ilmu yang baik yang diajarkan oleh gurumu di sekolah itu adalah ilmu yang datang dari dan atas izin Nya. Karena sesungguhnya sumbernya adalah dariNya Yang maha Berilmu (Al "Aliim).


Kalau kalian masih ragu bunda akan kemukakan beberapa contoh ; Ingatkah kalian tentang surat pertama yang diturunkan Nya melalui Jibril kepada kekasihNya Muhammad SAW. Surat Al Alaq (QS 96) Iqra, bukankah Dia menjelaskan bahwa" Dia telah menciptakan manusia dari segunpal darah" bukankah ini pelajaran biologi yang dijarakn oleh gurumu di sekolah? Selanjutnya pada ayat ke lima Dia menjelaskan lagi bahwa " Dia yang mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya" Bukankah Dia yang sebenarnya mengajarkan kepada guru-gurumu di sekolah tentang ilmu Biologi dan ilmu-ilmu lain seperti matematika, fisika, penciptaan alam semesta yangsemuanya datang dariNya?


Untuk itu kalian harus menyadari bahwa sebenarnya kalian datang ke sekolah juga adalah ibadah, dan itulah amal saleh kalian pada hari ini. Selamat beribadah anakku.


Dari bunda untuk Jahen, Carla, Kieren, Ziayad dan teman-teman generasimu.

No comments: